Breaking News

Fakta Takaran Gula Dalam Seduhan Kopi yang Baik

Fakta Takaran Gula Dalam Seduhan Kopi yang Baik

Kopi merupakan minuman favorit yang banyak dikonsumsi semua orang setiap bangun tidur atau jelang aktivitas. Tak hanya minuman rutin pada pagi hari saja, masyarakat suka menjadikan kopi sebagai jamuan di berbagai acara keluarga. Kopi bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, penambah energi, mengandung antioksidan, dan lain-lain. Namun, benarkah kopi gula masih bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda?

Fakta penting konsumsi kopi dengan gula

Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat sehat dari konsumsi kopi, sebaiknya ketahui fakta mengenai kopi gula berikut :

1.  Batasan asupan gula

Setiap orang memiliki selera dalam mengonsumsi secangkir kopi baik manis, setengah pahit atau tanpa gula sedikit pun. Berdasarkan riset kesehatan menunjukkan bahwa batasan asupan gula dalam satu hari hanya tiga sendok makan saja. Setiap satu sendok gula mengandung 15 kalori sehingga Anda bisa memberikan batasan untuk satu cangkir kopi favorit, ya!

2.  Kadar kalori kopi di kedai kekinian

Dewasa ini, banyak orang yang mulai suka minum kopi racikan di kafe atau kedai-kedai minum kekinian. Kopi orisinal yang dicampur dengan gula atau susu membuat manfaat kopi jauh berkurang. Anda akan mendapatkan kadar kalori yang lebih tinggi, misalnya kopi latte atau cappuccino mengandung 77 kalori atau 4 gram lemak yang akan menggagalkan rencana diet.

3.  Gula merah dan gula pasir biasa memiliki kalori yang sama

Jangan beranggapan bahwa kopi yang dikonsumsi dengan gula merah menjadi lebih sehat, alih-alih kopi dengan tambahan gula pasir putih biasa. Menurut ahli, kopi yang dikonsumsi dengan gula merah atau gula pasir memiliki kadar kalori yang sama.

Setiap 100 gram masing-masing gula mengandung lebih dari 300 kalori yang harus Anda waspadai. Tentu kandungan lemak pada gula tetap sama sehingga Anda harus meluruskan kesalahpahaman ini.

4.  Dampak mengonsumsi kopi dengan gula berlebihan

Bagaimana jika Anda tergolong orang yang maniak kopi dengan gula berlebihan? Sebaiknya segera kurangi kebiasaan konsumsi kopi dengan tambahan gula lebih dari satu sendok setiap hari, ya! Pasalnya, kandungan gula yang berlebihan bisa menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan seperti diabetes, meningkatkan lonjakan detak jantung, hipertensi, meningkatkan produksi adrenalin, dan sebagainya.

5.  Batasi konsumsi kopi setiap hari

Baik kopi tanpa gula pun, Anda harus membatasi konsumsinya. Apalagi kopi yang mendapatkan tambahan gula, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut bila jantung berdebar lebih cepat. Batas konsumsi kopi yang wajar adalah 3-4 cangkir atau sekitar 500 mg kafein setiap hari.

Mengenai beberapa fakta kopi gula di atas, Anda harus mulai mengurangi kebiasaan mengonsumsi kopi dengan tambahan pemanis berlebihan. Konsumsi kopi dengan jatah gula yang secukupnya bisa membuat hari Anda lebih bersemangat dan bisa meminimalisir efek kesehatan yang timbul kemudian hari.