Breaking News

Kolesterol Bisa Diturunkan Dengan Makanan Alami, Simak Berikut Ini

Kolesterol Bisa Diturunkan Dengan Makanan Alami, Simak Berikut Ini

Setiap orang memiliki hobi dan kebiasaan makan yang berbeda terkadang seseorang mengabaikan urusan hati-hati dalam memilih makanan. Misalnya saja makanan yang mengandung lemak jenuh sehingga memicu terbentuknya lemak trigliserida dalam darah akibatnya timbul kolesterol. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari saat makan, tapi begitu terkena mungkin Anda bingung untuk menemukan makanan penurun kolesterol. Kolesterol bukanlah penyakit yang bisa diabaikan pasalnya kolesterol bisa memicu timbulnya Atherosklerosis, darah tinggi, dan lain sebagainya. Lemak yang menumpuk di pembuluh darah akan mengurangi diameter pembuluh darah sehingga tekanan darah akan tinggi.

Jenis Kolesterol

Sebelum mengetahui makanan yang bisa menurunkan kolesterol, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis kolesterol. Sebenarnya, tidak semua kolesterol bersifat jahat bagi tubuh, tetapi dalam batas wajar kolesterol berfungsi dalam menjaga suhu tubuh tetap konstan. Mungkin bisa Anda bayangkan ketika seseorang tidak memiliki lemak dalam tubuhnya, mungkin akan mudah kedinginan bahkan mungkin bisa meninggal saat berada di lingkungan bersuhu rendah jika tidak menggunakan  penghangat tubuh.

Penentuan apakah seseoang mengalami kolesterol atau tidak adalah didasarkan pada perhitungan kadar Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan trigliserida total. Untuk LDL, kadar maksimal adalah 100 mg/dl darah, lalu untuk HDL adalah 60 mg/dl darah atau melebihinya, trigliserida batas maksimal adalah 150 mg/dl darah, sementara adar kolesterol total maksimal adalah 200 mg/dl darah. Apabila seseorang memiliki kadar LDL yang melebihi HDL, trigliserida melebihi 150 mg/dl, dan kadar kolesterol total melebihi batas 200 mg/dl maka orang tersebut dikatakan menderita kolesterol.

Namun, bisa juga saah satu darinya tidak harus ketiga faktor yang melebihi batas maksimum. Kadar HDL yang melebihi kadar LDL  bukan termasuk kolesterol karena HDL adalah lemak baik karena lemak ini akan dikeluarkan jika jumlahnya berlebihan. Sebailiknya jika kadar LDL meninggi malah justru akan mengendap di dinding pembuluh arteri sehingga semakin menyempit.

 Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Dikonsumsi

Ada banyak sekali makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pertama adalah sayuran hijau. Antioksidan dalam sayuran hijau bisa mengikat zat empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga kadarnya akan berkurang dalam darah. Kedua adalah kacang-kacangan yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol karena adanya kandungan zat fitrosol yang menghambat penyerapan kolsterol jahat. Ketiga adalah pisang, di dalam pisang terkandung inulin yang bisa mengendalikan dan mengurangi kolesterol. Keempat adalah oat, adanya kandungan beta glucan didalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Keberadaan makanan memang bisa mengurangi kadar kolesterol, namun akan lebih praktis jika Anda mengonsumsi minuman Acticor yang lebih praktis dalam satu produk sudah terkandung banyak zat penurun kolesterol. Demikian tentang jenis kolesterol dan makanan penurun kolesterol yang bisa Anda ketahui. Semoga Anda tidak mengalami kenaikan kolesterol.