Breaking News

Keuntungan Dan Cara Penerapan Keamanan Pangan Dalam Keluarga

Keuntungan Dan Cara Penerapan Keamanan Pangan Dalam Keluarga

Makanan merupakan sumber nutrisi dan energi untuk manusia dalam menjalani aktivitas harian mereka. Kebutuhan makanan satu orang dengan lainnya berbeda yang tergantung kepada usia, jenis kelamin, kondisi fisik dan juga pola hidup seseorang. Namun, kegiatan makan yang baik dilakukan sebanyak 3 kali sehari dalam menjamin asupan nutrisi dan kebutuhan energi dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Sebab itu penting untuk memiliki pola makan yang baik dalam hidup anda.

Konsumsi makanan yang dilakukan merupakan makanan dalam bentuk masakan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Dalam memenuhi kegiatan ini masyarakat dapat membeli makanan dari luar maupun memasak sendiri makanan mereka. Kegiatan memasak memang terdengar lebih rasional dibandingkan dengan kegiatan membeli makanan diluar. Sebab, kegiatan memasak mampu menjamin makanan yang dikonsumsi keluarga dan juga menghemat pengeluaran anda.

Dalam menyiapkan makanan untuk keluarga anda, ada baiknya anda mempelajari mengenai keamanan pangan (food safety) yang diterapkan dalam memasak makanan tersebut. Keamanan pangan (food safety) merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menunjang kesehatan dan keamanan konsumsi harian keluarga anda. Dimana keamanan pangan (food safety) sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang dapat mendukung kesehatan keluarga dan tumbuh kembang si kecil. Berikut merupakan keuntungan menerapkan keamanan pangan (food safety) dalam keluarga :

 

  1. Menjamin keamanan konsumsi harian keluarga
  2. Memberikan makanan yang bernutrisi dan bersih
  3. Menghindari keracunan makanan
  4. Mampu meningkatkan selera makan keluarga
  5. Menghindari ragam penyakit yang masuk ke tubuh karena makanan yang tidak higienis

Manfaat menerapkan keamanan pangan (food safety) dalam konsumsi harian keluarga anda begitu penting. Sehingga kegiatan ini wajib diterapkan oleh seluruh ibu di rumah dalam mempersiapkan makanan keluarga mereka. Ragam kegiatan yang dilakukan untuk menunjang keamanan pangan (food safety) dalam konsumsi makanan keseharian anda adalah :

 

  1. Mencuci bahan makanan segar sebelum memakan atau memasakknya seperti sayuran dan buah – buahan
  2. Meletakkan setiap bahan makanan dalam wadah yang berbeda
  3. Memasak makanan hingga matang untuk mematikan bakteri pathogen dalam bahan makanan segar
  4. Mengonsumsi makanan yang tersaji maksimal 2 jam di suhu ruangan
  5. Menyimpan makanan sisa dalam kulkas pada suhu 5oC untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan

Beberapa kegiatan diatas merupakan contoh penerapan keamanan pangan (food safety) dalam kegiatan memasak keseharian yang dapat dilakukan. Bakteri patogen merupakan bakteri merugikan yang mengganggu kesehatan dan menyebabkan penyakit. Bakteri ini banyak hinggap di bahan makanan segar terutama daging ikan, ayam maupun sapi. Kegiatan mencuci bahan makanan hanya membilas kotoran yang menempel pada bahan makanan dan pestisida. Untuk mematikan bakteri tersebut, anda dapat melakukan kegiatan memasak hingga matang.