Breaking News

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah dan Penjelasanya

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah dan Penjelasanya

Sepanjang usia study anda akan menemukan tingkatan karya ilmiah ini. SMA misalkan akan berkutat pada penulisan makalah saja, kemudian untuk SMK bisa pembuatan lapran hasil penelitian, sedangkan pada tingkat lanjut akan ada skripsi bagi S1, kemudian tesis bagi S2 dan terakhir adalah disertasi.

Sedangkan dari pelengkap lain juga ada beberapa jenis karya tulis ilmiah ini seperti monograf, laporan PKL, artikel ilmiah jurnal dan lain lain kami akan coba bahas lengkap dengan penjelesanya sebagai tambahan pengetahuan bagi anda.

  1. Makalah

Makalah ini adalah salah satu jenis karya tulis yang sangat populer sekali, anda akan mendapatkan tugas membuat makalah paling sering ketika duduk di bangku kuliah semeter awal.

Ada makalah indivude sampai dengan kelompok dimana dalam tata cara penulisan dan struktur sudah menggunakan standar penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Baca juga : https://www.daftarpustaka.org/sistematika-penulisan/

  1. Kertas kerja

Kemudian ada juga namnya kertas kerja, dimana ini mirip dengan makalah namun akan sering di tulis oleh mereka yang kuliah dengan jurusan akuntansi. Dimana bentuknya sederhana hanya berupa lembaran kertas biasa.

Dimana dalam sebuah aplikasi di sebuah perusaahan ini tentu akan sangat penting idealnya dalam pembukuan terakhir kertas kerja ini adalah laporan khusus mengenai kondisi keungan perusahaan yang bisa menyangkut laba dan rugi dan lain sebagainya.

  1. Skripsi

Sudah menjadi rahasia umum, semua orang yang masuk kuliah masa akhirnya akan bergelut dengan skripsi.

Skripsi sendiri salah satu karya ilmiah yang sudah pada tahap tinggi, dimana dalam melakukan sebuah pembuktian teori akan melibatkan beberapa ahli yang nantinya akan di uji dalam sebuah sidan skripsi.

Dalam sidang ini, sebuah karya ilmiah yang sudah jadi dan di jilid rapi bisa jadi akan mendapatkan revisi ulang berupa penambahan, pengurangan atau kesalahan dalam tata tulis.

  1. Tesis

Kemudian yang lebih tinggi ada yang namanya Tesis dimana ini adalah salah satu karya tulis akhir mahasiwa yang menempuh pendidikan magister.

  1. Disertasi

Untuk disertasi sendiri adalah salah satu karya tulis yang sudah ditulis oleh seorang ahli yang akan mendapatkan gelar sebagai Doktor.